Rabu, 08 Juli 2009

Kompetensi Agama Katolik XI

MATERI KELAS X, Semester II


Kompetensi Dasar 6. Siswa mengenal kitab suci dan Tradisi sebagai tolok ukur tertinggi dari iman Gereja Katolik

6.1 Siswa mampu menjelaskan secara singkat terjadinya kitab suci Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru (Bab. 11)

6.1.1 Menganalisis surat Paulus kepada Timotius tentang peran/fungsi kitab suci (2Tim. 3: 10-17)

6.1.2 Menjelaskan secara singkat sejarah penulisan kitab suci Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru

6.1.3 Membuat pembagian kitab Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru dalam sebuah bagan

6.1.4. Menguraikan pemahamannya tentang kanonisasi kitab suci (latarbelakang dan hasilnya)

6.2 Siswa mampu menunjukkan hubungan antara kitab suci dan Tradisi yang menjadi tolok ukur tertinggi iman Gereja Kato­lik (Bab. 12)

6.2.1 Menganalisis Injil Yoh. 21: 24-25 berkaitan dengan Tradisi Gereja

6.2.2 Menguraikan bermacam-macam bentuk Tradisi yang dihayati dalam Gereja

6.2.3 Menganalisis rumusan Syahadat Para Rasul sebagai salah satu bentuk Tradisi Gereja

6.2.4 Menjelaskan bahwa kitab suci bersama dengan Tradisi menjadi tolok ukur tertinggi iman Gereja

Kompetensi Dasar 7. Siswa mengenal Yesus yang datang untuk mewartakan Kerajaan Allah sehingga siswa merasa terpanggil untuk berjuang bersama Yesus

7.1 Siswa mampu menjelaskan secara singkat apa yang dimaksud Kerajaan Allah pada zaman Yesus (Bab. 13)

7.1.1 Menganalisis teks Mrk. 1:14-15 dan Rom. 14: 17 un- tuk mencari arti Kerajaan Allah

7.1.2 Menganalisis konteks masyarakat Yahudi pada zaman Yesus

7.1.3 Menguraikan beberapa paham tentang Kerajaan Allah pada zaman Yesus

7.1.4 Menjelaskan paham dan perjuangan Yesus untuk mewartakan Kerajaan Allah

7.2 Siswa mampu menjelaskan Yesus yang datang untuk mewar­takan dan memperjuangkan Kerajaan Allah (Bab. 14)

7.2.1 Menganalisis beberapa teks kitab suci yang mengisyaratkan bahwa kedatangan Yesus adalah untuk mewujudkan Kerajaan Allah

7.2.2 Menguraikan kaitan antara perumpamaan-perumpa­maan Yesus dan Kerajaan Allah

7.2.3 Menguraikan kaitan antara mukjizat-mukjizat Yesus dengan Kerajaan Allah

7.2.4 Menyimpulkan bagaimana Yesus mewartakan dan memperjuangkan terwujudnya Kerajaan Allah

Kompetensi Dasar 8. Siswa mengenal Yesus yang berani memberikan diri-Nya dengan menderita sengsara, wafat disalib, bangkit dan naik ke surga demi kebahagiaan manusia

8.1 Siswa mampu menjelaskan makna sengsara dan wafat Yesus sebagai tanda kasih Allah pada manusia (Bab. 15)

8.1.1 Melakukan sharing pengalaman tentang pengorbanan yang pernah dilakukan

8.1.2 Menganalisis teks Lukas 22-23 tentang kisah sengsara dan wafat Yesus

8.1.3 Menguraikan bahwa sengsara dan wafat Yesus sebagai tanda kasih Allah pada manusia

8.1.4 Menjelaskan makna sengsara dan wafat Yesus untuk kehidupan umat manusia

8.2 Siswa mampu menjelaskan arti serta makna kebangkitan Yesus dan kenaikan-Nya ke surga (Bab. 16)

8.2.1 Menganalisis paham-paham kehidupan setelah kama­tian menurut bermacam-macam pandangan

8.2.2 Menganalisis kisah kebangkitan Yesus menurut Yoh. 20: 1-18 dan 1Kor. 15: 14-19

8.2.3 Menjelaskan arti kenaikan Yesus ke surga berdasar- kan teks Luk. 24: 50-53

8.2.4 Menjelaskan makna kebangkitan Yesus dan kenaikan-Nya ke surga

Kompetensi Dasar 9. Siswa mengenal pribadi Yesus Kristus sebagai sahabat sejati dan tokoh idola, Putra Allah dan Juru Selamat

9.1 Siswa mampu menjelaskan makna Yesus sebagai sahabat sejati dan tokoh idola (Bab. 17)

9.1.1 Menganalisis pengalaman siswa tentang sahabat dan tokoh idola

9.1.2 Mensharingkan “siapa Yesus bagi dirinya”

9.1.3 Menganalisis teks Yoh. 15: 11-15 dan 1Sam. 18: 1-4 tentang sahabat yang sejati

9.1.4 Menjelaskan arti Yesus sebagai sahabat sejati dan tokoh idola

9.2 Siswa mampu menjelaskan Yesus sebagai Putera Allah dan Juru Selamat (Bab. 18)

9.2.1 Mengungkapkan pandangannya tentang Yesus sebagai Putera Allah dan Juru Selamat

9.2.2 Menganalisis teks Kis. 2: 14-40 berkaitan dengan Yesus sebagai Putera Allah dan Juru Selamat

9.2.3 Menjelaskan arti Yesus sebagai Putera Allah dan Juru Selamat

Kompetensi Dasar 10. Siswa mengenal Roh Kudus yang melahirkan, membimbing dan menghidupi Gereja dan mengenal Allah Tritunggal sebagai kebenaran iman kristen

10.1 Siswa mampu menjelaskan peranan Roh Kudus dalam kehidupan Gereja (Bab. 19)

9.1.1 Menganalisis teks Kisah Para Rasul 2: 1-13

9.1.2 Menjelaskan fungsi dan peranan Roh Kudus dalam Gereja

9.1.3 Menjelaskan bentuk-bentuk bimbingan Roh Kudus bagi orang beriman dewasa ini

9.1.4 Menjelaskan buah-buah Roh Kudus dan menje­laskan artinya

10.2 Siswa mampu merumuskan ajaran Gereja tentang Tritunggal yang Mahakudus (Bab. 20)

10.2.1 Mengungkapkan pemahaman siswa tentang Allah Tritunggal

10.2.2 Menjelaskan ajaran/dogma Gereja tentang Allah Tritunggal

10.2.3 Menjelaskan bentuk-bentuk dan arti yang menampakkan iman akan Allah Tritunggal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar